2 Tips Penting Agar Aman Mengajukan Pinjaman Online

 Pasti banyak orang yang saat ini ingin mengetahui bagaimana caranya agar saat mengajukan pinjaman online atau pinjol itu aman dari segala masalah. Tentu hal ini sangat bisa Anda lakukan asalkan Anda paham caranya. Kali ini akan saya share beberapa tips agar aman main pinjol.

2 Tips Penting Agar Aman Mengajukan Pinjaman Online

Ada 2 hal yang wajib Anda ketahui saat hendak berurusan dengan pinjol. Kedua hal tersebut akan saya rangkum dibawah ini mulai dari hal mendasar hingga triknya.


1. Pilih Pinjol yang Sesuai Dengan Karakter Anda

Pinjol itu sangat banyak. Di play store saja bisa sampai ratusan lebih. Dan Anda pasti sudah tahu kalau pinjol itu terbagi jadi 2 bagian, yaitu yang legal dan ilegal. Jika Anda belum tahu perbedaan antara keduanya, bisa disimak info lengkapnya DISINI.

Sedikit gambaran tentang perbedaan keduanya diantaranya:

- Pinjol Legal

  • Bunga rendah dan tenor pinjaman cukup lama (14 - 90 hari)
  • Terdaftar dan berizin OJK. Jadi jika Pinjaman Anda bermasalah disini, Anda harus siap datanya masuk daftar hitam Slik OJK dan siap-siap juga didatangi dc lapangan. meskipun tidak semua pinjol legal mempunyai dc lapangan
  • Data Anda Aman


- Pinjol Ilegal

  • Data Anda tidak aman. Mereka akan sadap semua kontak di hp Anda saat Anda pertama kali membuka aplikasinya dan memberi izin membaca kontak yang ada di hp Anda
  • Bunga pinjaman sadis dan tenor yang singkat (7 - 10 hari)
  • Jika pinjaman anda bermasalah disini, data Anda tidak akan masuk daftar hitam Slik OJK dan mereka juga tidak memiliki  dc lapangan yang akan datang kerumah

Jika Anda sudah paham tentang pinjol ilegal dan yang legal, selanjutnya tinggal Anda cocokan dengan kondisi Anda sendiri, sekiranya apakah Anda cocoknya ke pinjaman online legal atau ilegal. Karena pasti kondisi situasi setiap orang berbeda-beda.


2. Persiapkan Langkah Aman Bermain Pinjol

Mohon maaf sebelumnya, saya tidak bermaksud untuk mengajarkan hal yang tidak baik. Namun disini saya hanya sharing sesuai pengalaman saja.

Kita tidak pernah tahu kedepannya apakah kondisi ekonomi kita akan stabil, meningkat, atau menurun. Kalau kondisi ekonomi lagi bagus, ya pastinya sekarang minjam di pinjol nanti bisa langsung dilunasi, tapi gimana kalo sekarang sudah meminjam ternyata kondisi ekonomi kedepan malah menurun atau ada hal tak terduga yang membuat uang kita terpakai sehingga tidak bisa membayar pinjaman.

Jadi, alangkah baiknya sebelum mengajukan pinjaman online kita persiapkan dulu sesuatunya, agar jika ternyata ada hal yang menghambat kita menjadi belum bisa membayar pinjaman, kita tetap aman.

Dan setelah di point 1 diatas Anda sudah memilih pinjol yang sesuai dengan kriteria Anda, sekarang dibawah ini adalah tips aman mempersiapkan diri sebelum mengajukan pinjol.


- Pinjol Legal

Agar kedepannya Anda aman di pinjol legal, pastikan Anda memilih pinjol legal yang tidak berbahaya bagi Anda. Seperti apa pinjol legal yang tidak berbahaya? Yaitu pinjol legal yang tidak ada dc lapangannya dan data Anda tidak akan masuk Slik OJK.

Kalau memang Anda setuju dengan tulisan saya diatas, maka saya sarankan hindari beberapa apk pinjol dibawah ini:

Aplikasi pinjaman online diatas saya sebut berbahaya karena dapat berpotensi untuk menghadirkan dc lapangan kerumah Anda dan memunculkan data Anda di daftar hitam Slik OJK.

Jika mau mengajukan pinjaman online yang aman untuk Anda, saya sarankan untuk memilih salah satu dari apk pinjol dibawah ini:

Selain rekomensadi apk diatas, saya juga menyarankan jika Anda mau mengajukan pinjaman online, lebih baik jangan gunakan nomor hp utama Anda. Karena sekarang baik pinjol legal maupun ilegal kalau nagih sama bawelnya dan yang paling ngeselin, mereka nagihnya nyepam. Dari 1 hari, mereka bisa nagih lewat chat maupun telpon 10 - 30 kali.

Tentunya hal tersebut jika Anda menggunakan nomor utama Anda, maka bisa mengganggu aktivitas Anda. Jika bukan nomor utama yang digunakan, setidaknya Anda bisa nonaktifkan dulu smentara nomor tersebut agar aktivitas Anda tidak terganggu.


- Pinjol Ilegal

Untuk persiapan mengajukan pinjaman di pinjol ilegal ini harus lebih berhati-hati. Karena pinjol ilegal ini sangat meresahkan. Mereka bisa menjadi masalah besar jika Anda meminjam tanpa persiapan.

Sama seperti point di pinjol legal, Pastikan Anda tidak menggunakan nomor hp utama Anda saat mendaftar pinjaman. 

Yang lebih penting adalah Amankan daftar kontak penting Anda dari mereka. Mereka bakal menyadap seluruh kontak yang ada di hp Anda saat pertama kali membuka aplikasinya. Hal tersebut mereka lakukan untuk dijadikan senjata jika kedepannya saat Anda belum bisa membayar, mereka akan menyebarkan data Anda ke seluruh kontak yang sudah mereka sadap sebelumnya di hp Anda.

Tentunya Anda tidak mau hal seperti itu terjadi kan? Jadi lebih baik lagi jika Anda mengajukan pinjaman online ilegal ini di hp yang tidak Anda gunakan untuk aktivitas utama Anda. Jika Anda hanya punya 1 hp, pastikan backup kontakj dulu lalu hapus semua kontak penting Anda, cukup sisakan kontak yang tidak pentingnya saja. Kemudian buka aplikasinya dan ajukan pinjaman.

Yang paling vital saat berurusan dengan pinjol ilegal itu hanya daftar kontak saja. Setelah Anda berhasil mengamankan kontak penting Anda, itu sudah cukup untuk membuat Anda aman kedepannya.

Selain dari kontak, Anda juga harus siap dengan cara menagih mereka. Mereka nagihnya kasar, meresahkan, suka mengancam dll. Tapi semua ancaman mereka itu hanya sekedar gertakan semata, tidak akan jadi kenyataan. Jadi, jangan anggap serius ancaman mereka. Jika Anda sudah menggunakan nomor hp cadangan saat mengajukan pinjaman, cukup nonaktifkan kartu sim nya dan selesai, mereka tidak akan bisa meneror Anda lagi.

Point terakhir dari pinjol ilegal ini adalah pastikan Anda tidak mencantumkan nomor hp atau email yang terhubung ke media sosial Anda. Hal ini dimaksudkan agar mereka tidak bisa melacak akun medsos Anda. Si pinjol ini saat kita sudah tidak bisa dihubungi, biasanya mereka akan mencari akun medsos kita dengan menggunakan nomor hp dan email yang kita daftarkan. Jika ketemu, mereka akan meneror akun medsos kita tersebut.


Ok itulah sharing saya tentang 2 tips penting agar aman mengajukan pinjaman online atau pinjol. Sekali lagi saya tidak bermaksud untuk mengajarkan yang tidak baik. Namun hanya sharing saja. Karena saya suka kasihan kalo liat orang yang sudah bermasalah dengan pinjol. Mereka terlihat frustasi, bimbang,dan panikan. Jadi semoga sharing ini bermanfaat. Untuk yang jeleknya jangan ditiru, cukup ambil hal positifnya saja. Terimakasih...

Belum ada Komentar untuk "2 Tips Penting Agar Aman Mengajukan Pinjaman Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close